5 Daya Tarik Masjid Al Aqsa Saat Umroh

5 Daya Tarik Masjid Al Aqsa Saat Umroh

  • Post category:Blog

5 Daya Tarik Masjid Al Aqsa Saat Umroh – Umat ​​Islam pasti ingin bisa berwisata religi bersama keluarga setelah melakukan umrah. Oleh karena itu, banyak agen travel yang menawarkan wisata umrah dan sejarah Islam yang menarik.

Tujuan daru mengunjungi Masjid Al Aqsa saat Umroh adalah untuk menjelaskan pemahaman masyarakat tentang peradaban Islam dan sejarahnya. Salah satu dari item yang diusulkan adalah umrah plus berwisata.

Dalam paket Umrah Plus Aqsa ini, Arofahmina mengajak umat untuk mengikuti tur melihat-lihat Masjid Al-Aqsa usai ibadah umroh. Terlepas dari umrah dan banyaknya destinasi yang ditawarkan ketika Anda tetarik untuk melihat daya tarik Masjid Al Aqsa ini.

Masjid Al Aqsa sendiri terletak di kota Yerusalem, kota yang menganut tiga agama utama, yaitu Islam, Kristen, dan Yudaisme.

Dibandingkan dengan kota-kota lain di Palestina, kota ini memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini disebabkan karena kota ini memiliki nilai religi dan sejarah yang sangat kental.

Selain diajak mengunjungi kompleks Masjid Al-Aqsa, peserta tour akan berziarah ke makam para nabi yang tersebar di seluruh Yerusalem. Jadi apa yang menarik dari daya tarik Masjid Al Aqsa ini?

Nah, simak artikel dari kami sampai akhir, ya!

5 Daya Tarik Masjid Al Aqsa

1. Kubah Biru, Kubah Shakhrah, Kubah Mi’raj dan Kubah Nabi

Kubah Mi'raj Masjid al aqsa

Peserta tour akan beribadah di Jami’ Al Aqsa, sebuah tempat sholat di ujung selatan kompleks Masjid Al Aqsa. Bangunan ini memiliki kubah berwarna biru keabu-abuan seluas kurang lebih 35.000 meter persegi dan dapat menampung kurang lebih 5.000 umat.

Di tengah Masjid Al Aqsa adalah Kubah Shakhrah, sebuah bangunan segi delapan dengan kubah emas. Bangunan tersebut diyakini dibangun pada masa Khalifah Umayyah Abdul Malik seorang putra dari Al Walid I.

Bangunan tersebut bahkan menjadi gereja Templum Domini (kuil atau masjid) pada masa pemerintahan Kerajaan Kristen Yerusalem.

Di sebelah Shakhra adalah kubah Miraj, kubah yang berdiri bebas yang dibangun oleh Tentara Salib. Sebagai bagian dari Templum Domini atau Kuil Tuhan, situs tersebut kemungkinan besar berfungsi sebagai tempat pembaptisan. Kubah Nabi, adalah kubah terpisah yang terletak di utara Masjid Al Aqsa.

Dibangun pada tahun 1538 oleh Muhammad Bei, penguasa Yerusalem selama era Ottoman, kubah tersebut dikatakan telah digunakan oleh Nabi Muhammad sebagai Imam Nabi untuk salat bersama selama peristiwa Isra Miraj. Sangat menarik bukan?

2. Air Mancur Qayt Bayt dan Air Mancur Qassim Pasya

Air mancur Qayt Bayt adalah air mancur umum yang terletak di bagian barat Masjid Al Aqsa, 50 meter di sebelah barat kubah Shakhrah. Air mancur ini didirikan pada tahun 1455 atas perintah Sultan Mesir Al-Ashraf Sayfuddin.

Air mancur Qasim Pasha adalah air mancur mandi dan minum yang terletak di halaman barat Masjid Al-Aqsa.

Ini menjadi bangunan publik pertama dari kompleks Masjid Al-Aqsha pada masa pemerintahan Turki Ottoman.

3. Museum Islam

Museum Islam terletak di dekat Jami’ al-Aqsa, seperti aula pertemuan Madrasah Fakhruddin Muhammad. Madrasah ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Mamluk Mesir Al-Mansur Kalawun dan menjadi museum pada tahun 1923.

Museum ini juga menampilkan 600 eksemplar Al-Qur’an, disumbangkan ke Masjid Al Aqsa selama pemerintahan Umayyah, Abbasiyah, Fatimiyah, Mamluk, dan Ottoman.

4. Menara Masjid

Peserta yang mengikuti tour dari Arofahminaa dapat melihat empat menara masjid ini dari arah selatan, utara, dan barat. Menara pertama adalah Al-Fahariya di sebelah barat daya, dibangun pada tahun 1278 atas perintah Mamluk Sultan Lajin.

Menara ini dibangun dengan gaya tradisional Suriah, menara ini memiliki dasar persegi dan poros yang dibagi menjadi tiga tingkat dengan ukiran dekoratif. Di bagian atas ada dua baris muqarnas atau relung dekoratif untuk menghiasi balkon muazin.

5. Gerbang Al-Mawazin

Gerbang Al-Mawazin memiliki 8 gerbang terpisah dan mengelilingi Kubah Batu. Setiap gerbang terdiri dari 2-4 lengkungan. Masjid ini dianggap sebagai tempat penting bagi umat Islam.

Dikatakan bahwa umat Islam yang beribadah di sini akan diampuni segala dosanya.

Penutup

Nah, jika Anda ingin melihat sendiri keindahan kompleks Masjid Al Aqsa dan ingin pengalaman beribadah yang sangat istimewa di sana, Anda bisa segera bergabung dengan Arofahmina Tours. Arofahmina Tours adalah biro perjalanan terkemuka di Indonesia dengan Bussiness Excellent Quality Awards (2021).

Leave a Reply