6 Tips Mempersiapkan Kesehatan Saat Umroh

6 Tips Mempersiapkan Kesehatan Saat Umroh

  • Post category:Blog

6 Tips Mempersiapkan Kesehatan Saat Umroh – Umrah adalah ibadah umat Islam yang dilakukan di Mekkah al-Mukarramah, khususnya Masjidil Haram. Umrah sebenarnya hampir seperti haji, tetapi umroh tidak melakukan kegiatan seperti wukuf, mabit, dan melempar jumrah seperti pada haji.

Secara bahasa, umroh berarti mengunjungi suatu tempat. Di sisi lain, dari sudut pandang fiqih, umrah berarti melakukan serangkaian ibadah atau berziarah. Kemudian diakhiri dengan tahalul (melakukan pemotongan di sebagian rambut kepala).

Tentu saja, semua umat Islam harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat sambil mempersiapkan keberangkatan umroh. Selain harus mengecek jadwal penerbangan Anda, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan umrah Anda, dan yang tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan kesehatan Anda sebelum keberangkatan umroh.

Kondisi tubuh juga harus diperhatikan saat melakukan umrah. Karena proses umrah memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, Anda harus memeriksakan kesehatan terlebih dahulu sebelum berangkat umrah. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah Anda dalam keadaan sehat atau membutuhkan perhatian dan pemulihan khusus.

Selain alasan tersebut, tujuan persiapan dan pemeriksaan kesehatan sebelum melaksanakan Umrah adalah agar kegiatan ibadah di sana berjalan lancar dan menyesuaikan dengan iklim di Tanah Suci. Kami telah menyusun beberapa tips mempersiapkan kesehatan saat umroh. Yuk simak artikel ini hingga akhir!

6 Tips Mempersiapkan Kesehatan Saat Umroh

travel umroh arofahmina

1. Stamina

Ibadah umroh merupakan ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik yang besar, tetapi hal ini sering kali banyak diabaikan oleh para jemaah umroh. Sekalipun Anda sedang beribadah di sana, kekuatan fisik Anda lah yang menentukan apakah Anda bisa menjalani dan melanjutkan ibadah umrah Anda.

Oleh karena itu, sejak satu bulan sebelum keberangkatan, harap lakukan tips mempersiapkan kesehatan saat umroh dengan cara melakukan olahraga ringan secara teratur minimal 10 menit setiap hari dan persiapkan diri Anda secara fisik, dimulai dengan pemeriksaan umum.

2. Vaksin

Selama Anda berada di Tanah Suci, Anda akan bertemu dengan banyak jemaah umroh lainnya dari berbagai negara. Tentu saja, mereka pasti memiliki gaya hidup yang berbeda dengan Anda dan tidak tahu penyakit apa yang mereka derita dan miliki.

Oleh karena itu, untuk mencegah penularan penyakit saat Anda sedang beribadah di Tanah Suci, tips mempersiapkan kesehatan saat umroh yang berikutnya adalah Anda perlu melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya.

3. Usakan Untuk Menghindari Stres

Saat berada di ambang permasalahan, cobalah untuk sebisa mungkin kendalikan Anda untuk memasuki yang keadaan tenang, tanpa membebani diri sendiri dan memikirkan banyak masalah. Hindari terlalu banyak tugas yang tidak penting yang dapat membebani pikiran ANda.

Anda tetap harus menjaga kesehatan, karena ibadah otomatis berhenti ketika Anda stres. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan kerusakan fisik dan mental.

4. Jaga Dietmu

Tips mempersiapkan kesehatan saat umroh yang selanjutnya adalah menjaga diet atau pola makan. Selain anjuran di atas untuk persiapan kesehatan saat hendak melakukan ‘umrah’, pola makan juga penting saat melakukan ‘umrah’. Untuk menjaga pola makan yang baik, Anda dapat mengurangi asupan makanan yang terlalu berlemak, dingin, dan pedas.

Semua ini akan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan di kemudian hari selama umrah karena akan menjadi parasit bagi Anda yang tidak memiliki kendali atas jenis makanan yang Anda makan. Agar tubuh tetap sehat dan stabil selama Umrah , dianjurkan untuk memperbanyak asupan buah dan sayuran segar dengan makanan bergizi dan mengonsumsi vitamin.

5. Siapkan perlengkapan kebersihan Anda

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Jamaah umroh harus selalu membawa peralatan kebersihan sendiri. Mulai dari perlengkapan mandi, kosmetik, hingga masker.

Kami menyarankan Anda menggunakan peralatan kebersihan milik Anda sendiri. Usahakan sebisa mungkin jangan berbagi peralatan pembersih dengan orang lain untuk mengurangi risiko infeksi bakteri atau virus.

6. Siapkan obat-obatan yang Anda butuhkan

Tips mempersiapkan kesehatan saat umroh yang terakhir adalah menyiapkan obat-obatan. Mempersiapkan diri dengan baik bukan berarti hal terburuk tidak akan terjadi selama umrah. Bawalah obat-obatan pribadi saat sakit agar ibadah bisa lebih tenang dan aman.

Khusus untuk anda yang ingin merasakan pengalaman umroh ekslusif dengan keluarga tercinta, pilihan dengan pelayanan, dan fasilitas Hotel Terbaik di Arofahmina. Kami menyediakan berbagai paket umroh bagi anda yang ingin merasakan kenyamanan maximal bersama keluarga.

Silahkan Hubungi Kami untuk informasi terbaru seputar berita umroh

Leave a Reply