Keistimewaan Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Ampunan

Sudah menjadi hal yang sangat umum, jika bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim, tidak hanya umat muslim indonesia melainkan umat muslim di seluruh penjuru dunia. Pada bulan puasa ini seluruh umat muslim berbondong-bondong untuk berbuat kebaikan untuk mengumpulkan pahala yang sebanyak-banyaknya.

Pada bulan Ramadhan juga umat muslim melaksanakan rukun islam yang ke 3, yaitu puasa. Setiap umat muslim wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa. Selain berpuasa, ada salah satu ibadah yang dianjurkan, yaitu ibadah umrah di Tanah Suci. (Sumber : Almuslimon)

Selain itu bulan puasa juga merupakan bulan suci istimewa penuh kemuliaan dan juga penuh dengan keberkahan yang sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Terlebih lagi, ada banyak keutamaan dan keistimewaan pada bulan Ramadhan ini, sehingga bulan ramadhan bisa menjadi waktu terbaik dan tepat bagi seluruh umat muslim untuk memperbaiki diri meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

lantas, apa saja keistimewaan dan keutamaan bulan ramadhan ? simak penjelasannya di bawah ini

1. Malam diturunkan Al-Quran

Keistimewaan pertama bulan ramadhan adalah bulan diturunkannya kitab suci umat muslim yakni al qur’an. Dimana pada bulan yang suci ini al quran diturunkan kepada nabi muhammad saw.

Al quran diturunkan pada malam 17 bulan suci puasa. Pada saat al quran diturunkan kepada nabi muhammad saw, terjadi perubahan besar terhadap peradaban umat muslim di seluruh penjuru dunia.

Oleh karena itu bulan puasa merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim, kerana pada bulan tersebut merupakan bulan diturunkannya kitab suci umat muslim yakni al quran

untuk memperingati diturunkan al quran, seluruh umat muslim menggelar kegiatan seperti membaca dan khataman al quran pada malam ke 17 bulan puasa.

2. Terdapat malam Lailatul Qadar

Selain bulan diturunkannya al quran, terdapat keistimewaan bulan ramadhan yang lain, yakin malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar merupakan salah satu malam yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia.

malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Pada malam lailatul qadar tersebut umat muslim berbondong-bondong untuk memperbanyak ibadah dan juga memperbanyak melakukan kebaikan terhadap sesama.

Malam lailatul qadar umumnya berlangsung pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir pada bulan puasa.

barang siapa yang mendapatkan keistimewaan lailatul qadar ini akan mendapatkan keberkahan yang luar biasa, salah satunya adalah mendapatkan amalan ibadah setara ibadah selama puluhan tahun.

3. Bulan doa-doa terkabul

Keistimewaan bulan ramadhan berikutnya adalah doa yang dipanjatkan lebih mudah terkabul.

Sebenarnya doa bisa dikabulkan kapan saja tergantung dari kehendak dari allah swt, jadi kita bisa memanjatkan doa kapan saja ketika kita mau atau sedang membutuhkan.

tetapi, ketika memanjatkan doa saat bulan suci ramadhan, segala macam jenis doa yang kita panjatkan akan lebih mudah untuk dikabulkan.

Oleh karena itu bulan puasa dianggap sangat istimewa, karena pada bulan tersebut doa-doa yang dipanjatkan akan lebih mudah terkabul.

4. Pahala dilipat gandakan

Keistimewaan bulan ramadhan selanjutnya adalah pahala dilipatgandakan ketika melakukan amalan-amalan.

Selain menjalankan ibadah wajib, banyak amalan lain yang bisa kamu lakukan pada bulan puasa, salah satunya adalah berbuat baik kepada sesama atau menunaikan ibadah sunnah seperti membaca al-quran, dzikir pagi dan petang.

Tetapi perlu diingat ketika melakukan suatu amalan harus diniatkan dari hati untuk mendapatkan keberkahan dan kenikmatan dari oleh allah swt bukan untuk mendapatkan kenikmatan sesaat saja.

5. Pintu Kebaikan dibuka.

Keistimewaan bulan ramadhan berikutnya adalah pintu kebaikan dibuka selebar-lebarnya, sehingga bagi umat muslim yang berbuat kebaikan akan berbalik mendapatkan kebaikan juga.

Selain itu, orang-orang yang sebelumnya memiliki hati yang keras akan berubah memiliki hati yang lembut dan baik kepada sesama muslim pada saat bulan puasa. Karena sesungguhnya allah swt maha membolak-balikan hati hati seseorang dengan mudah.

Kesimpulan

Itulah 5 keistimewaan bulan suci ramadhan. Semoga keluarga Arofahmina senantiasa mendapatkan kenikmatan dan keberkahan di bulan puasa, serta mendapat pahala yang dilipatgandakan.

Penutup

Jika Keluarga Arofahmina sudah rindu berdo’a dan bermunajat di depan Kabah silahkan menghubungi arofahmina.co.id

Untuk komunikasi lebih lanjut bisa melalui kontak arofahmina.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel dan Berita

Paket Umroh

izin umroh No. 81202142726030004 Tahun 2022 (PT Cemerlang Hajar Aswad)

Paket Haji

Halaman terkait

Katalog Paket

© 2023 Arofahmina – All Right Reserved