Artikel Arofahmina

Berbagai Informasi Seputar Tentang Umroh dan Haji

EDUKASI, 30 Agustus 2017

ARAFAH PUASA ISTIMEWA PELEBUR DOSA SELAMA 2 TAHUN

Tidak mudah menggapai pengampunan dari Allah SWT jika tidak bersamaan dengan Hidayah dan petunjuknya. sejatinya, petunjuk dari Allah swt, selalu ada setiap saat, tinggal seberapa besar seorang hamba bersedia dan menyediakan diri untuk menerima petunjuk tersebut. Salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai petunjuk adalah momentum puasa Arafah ini. Allah SWT menyediakan waktu yang khusus untuk dipergunakan secara baik oleh hambanya melalui Rasul Nya, agar dosa dan kesalahan yang pernah ia lakukan dapat diampuni oleh Allah SWT. dengan demikian melakukan puasa Arafah merupakan wujud usaha seorang hamba agar dosa yang pernah dilakukan berganti dengan ampunan-nya.

Suatu saat Rasulullah ditanya oleh para sahabatnya tentang puasa hari Arafah kemudian Rasulullah SAW menjawab dengan sangat singkat tetapi mengandung makna yang sangat mudah dipahami jika seorang hamba mampu melakukan maka ia akan tergolong orang yang akan beruntung Rasululloh SAW bersabda:
Puasa di hari Arafah menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang (HR muslim)
Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa seseorang yang melakukan puasa Arafah bisa menyebabkan mendapatkan Anugrah dan ampunan dari Allah SWT atas dosa yang dilakukan setahun yang lalu dan mengampuni setahun kemudian dalam hadis lain Rasulullah s a w bersabda:
Aku berharap kepada Allah agar puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya HR muslim
Dengan demikian, selayaknya sebagai hamba yang telah diberikan momentum yang baik ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, niat kan untuk melakukan puasa hari Arafah tersebut

sumber : muslim.or.id